Cara Mencegah Jerawat Punggung

Jerawat adalah penyakit radang dengan bintik-bintik merah pada kulit. Selain di bagian wajah, bagian belakang tubuh juga adalah daerah paling umum untuk jerawat. Bahkan, dua per tiga dari orang yang menderita jerawat pada wajah ternyata mengalami jerawat pada punggung. Jerawat di wajah atau dipunggung sama-sama menjengkelkan, tidak sedap dipandang, menyakitkan dan meninggalkan bekas. Apabila anda laki-laki pasti jika berenang akan merasa malu jika jerawat terlihat dengan jelas. Untuk itu kita bahas masalah tentang jerawat punggung.

Jerawat Punggung.
Jerawat terjadi ketika kelenjar sebaceous kulit memproduksi terlalu banyak minyak, sehingga jerawat, pustula, whithead, komedo. Pada wajah terdapa banyak kelenjar sebaceous, tetapi di punggung terdapat lebih banyak lagi, dimana ini akan menghasilkan minyak berlebih yang dapat menutupi pori-pori. Menutupi pori-pori dengan bakteri, debu, kotoran, kuman dll.

Penyebab Jerawat Punggung.
Ada dua penyebab jerawat dapat muncul. Pertama peningkatan produksi minyak dan yang kedua karena kulit teriritasi. 

Ketika kelenjar kulit anda memproduksi terlalu banyak minyak karena stress, genetik, ketidak seimbangan hormon atau pola makan yang buruk. Kelebihan minyak dapat menyumbat folikel kulit, mencegah sel kulit mati terangkat. Dalam pori-pori yang tertutup, minyak akan terus diproduksi dan bila tidak keluar dari pori-pori, bakteri akan berkembang, menyebabkan radang pada kulit.

Ketika pakaian terlalu hangat dan ketat, ini akan dapat menyebabkan jerawat lebih mudah berkembang. Menurut University of Michigan Health Service, karena pakaian ketat, sel kulit mati akan terjebak. Menggunakan pakaian ketat atau menggunakan ransek dalam waktu lama akan memperburuk jerawat.

Pencegahan Jerawat Punggung.
Menggunakan pakaian longgar, pakaian katun dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, mandi setelah latihan berolah raga yang mengakibatkan keluar kringat banyak, sangat dibutuhkan untuk membersihkan kulit. Jangan mandi terlalu berlebihan, tidak lebih dari dua / tiga kali sehari. Mandi berlebihan akan membuat kulit menjadi kering. Gunakan sabun mandi yang ringan untuk kulit. Dan lakukan scrub 2-3 kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat folikel kulit. Pastikan seprai, kemeja, handuk, dll dalam keadaan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar